A Visual Approach to determine Strategic Locations for Masks and Medical Devices Distribution for COVID-19 treatment Using IBM Cloud Pak for Data on Cloud

Cahyati Supriyati Sangaji (My Note)

Ide berawal dari kondisi yang pada saat itu masih terjadi banyak kasus Covid-19 kemudian kesulitannya orang-orang mendapatkan masker dan tidak meratanya ketersediaan alat kesehatan di rumah sakit rujukan untuk Covid-19. Maka tercetuslah ide untuk membuat aplikasi yang dapat membantu untuk menganalisa kondisi tersebut. Untuk dapat mencapai tujuan yang diinginkan, dibutuhkan beberapa tools untuk membantu merancang sistem tersebut, yaitu tools untuk running script untuk program python berjalan, database dan dashboard hasil analytics. Dari kebutuhan tersebut maka digunakan IBM Cloud Pak for Data yang memberikan kemudahan menggunakan beberapa tools dalam satu platform.

Kemudian alur sistem akan dijabarkan mulai dari pembuatan project sampai dengan hasil visualisasi dari data yang dimiliki. Untuk dapat mengakses IBM Cloud Pak for Data pada Cloud, kita hanya membutuhkan ID IBM Cloud, tidak harus menggunakan IBM ID. IBM Cloud Pak for Data dapat di akses pada halaman dataplatform.

Pertama yang akan dijabarkan langkah-langkah membuat project pada IBM Cloud Pak for Data.

  1. Pada halaman home dari IBM Cloud Pak for Data buat klik halaman project.

2. Buat project baru sebagai tempat sistem yang akan kita buat, berjalan pada satu platform.

3. Kemudian pilih opsi create project yang dibutuhkan, dapat dipilih project dari sample file yang sudah dimiliki atau empty project.

4. Tentukan nama project, description dan storage yang digunakan kemudian create project.

Setelah selesai membuat project, dilanjutkan dengan langkah-langkah persiapan data yang nanti akan menjadi bagian dari assets project.

  1. Masukkan semua data yang dibutuhkan. Data kasus Covid-19 berasal dari data milik pemprov DKI yang memang dibagikan untuk public. Data tersebut diambil dari data “Riwayat File Covid-19 DKI Jakarta”, sehingga data yang digunakan merupakan data real kasus yang terjadi di daerah DKI Jakarta pada bulan Mei. Selain itu juga menggunakan data populasi di DKI Jakarta dan data rumah sakit rujukan untuk Covid-19.

2. Create Connection untuk menghubungkan ke database yang nantinya akan digunakan sebagai dari data visualisasi. Data pada database akan diperoleh dari berjalannya sistem pada python programming dari notebook project.

3. Pilih opsi connection yang dibutuhkan, pada usecase kita kali ini kita menggunakan database IBM DB2 yang sudah kita create sebelumnya di IBM Cloud. Seperti dapat dilihat pada ilustrasi-8 banyak sekali opsi yang dapat dipilih yang artinya IBM Cloud Pak for Data dapat terhubung dengan banyak database.

4. Lalu create notebook yang merupakan program python untuk menjalankan sistem.

3. Buat detail dari notebook yang akan digunakan. Opsi yang disediakan adalah membuat blank notebook, menambahkan notebook dari file yang sudah kita buat, misalnya file yang berasal dari jupyter notebook yang sama dengan IBM Watson Studio untuk aplikasi dari IBM. Dapat juga membuat notebook yang berasal dari URL, biasanya di create dari halaman URL github.

Setelah kita sudah menentukan opsi yang dipilih, lalu isi detail dari notebook kemudian create notebook.

4. Lalu running program yang telah dibuat, pada usecase ini isi program akan mengolah data mentah yang dimiliki dan melengkapi dengan data koordinat dan data pelengkap lain. Data yang telah diolah akan disimpan pada database yang sudah kita buat sebelumnya, yaitu pada IBM DB2.

5. Setelah semua program telah dijalankan maka kita sudah memiliki database yang kita butuhkan sebagai data visualisasi hasil analisa sistem kita nanti.

Untuk dapat mengetahui detail dari program python dapat dilihat pada artikel “IBM Watson Studio Connect to IBM DB2 for ArcGIS Database”. Kita lanjutkan ke langkah-langkah untuk visualisasi data.

  1. Create Dashboard untuk membuat visualisasi data hasil analisis.

2. Buat detail dashboard dan hubungkan dengan IBM Cognos Dashboard Embedded service yang sudah kita buat sebelumnya pada IBM Cloud lalu create dashboard.

3. Terakhir buat Visualisasi yang dibutuhkan, untuk usecase ini dibutuhkan data populasi dan kasus Covid-19. Tujuan visualisasi agar kita dapat menganalisa daerah mana yang paling banyak membutuhkan distribusi masker atau seberapa jumlah distribusi masker ditiap daerah. Selain itu juga kita dapat melihat bagaimana grafik dari kasus Covid-19 yang terjadi ditiap daerah, kita dapat menganalisa daerah mana yang memiliki kasus Covid-19 yang yang tinggi dan dapat kita katakan sebagai zona merah atau derah yang kasus Covid-19 paling banyak.

Kemudian untuk video demo dari IBM Cloud Pak for Data dapat dilihat pada “IBM Cloud Pak for Data Demo (Covid19 Project)”.

Sebagai tambahan Database IBM DB2 yang terhubung pada IBM Cloud Pak for Data dapat dihubungkan dengan ArcGIS sebagai map visualization.

Hasil dari visualisasi pada ArcGIS ini untuk kita dapat menganalisa derah mana yang memiliki kasus Covid-19 yang paling banyak. Selain itu juga dari sini kita dapat menentukan rumah sakit mana yang paling banyak membutuhkan peralatan kesehatan untuk penanganan pasien Covid-19 berdasarkan kasus pada daerah yang lebih banyak disekitar daerah sekitar rumah sakit. Sehingga distribusi alat kesehatan dapat merata berdasarkan jumlah kasus yang terjadi di sekitar area rumah sakit. Untuk demo dari proses pembuatan visualisasi tersebut dapat anda lihat pada video “ArcGIS Visualization (My Experience with Solution Specialist ESRI)”. Maka berdasarkan hasil visualisasi pada IBM Cognos Dashboard Embedded service dan ArcGIS kita mendapatkan analisa dari data yang dimiliki dan kesimpulan untuk keputusan proses distribusi masker dan alat kesehatan untuk penanganan Covid-19 yang kita butuhkan.